Masya Allah, Arkeolog Temukan Masjid Tertua di Dunia.

Spread the love

ISRAEL – Timarkeolog menemukan masjid paling tertua di dunia ini di wilayah Tiberias di Israel utara. Katia Cytryn-Silverman dari Hebrew College, yang memantau penggalian tersebut, mengatakan bahwa situs tersebut adalah masjid paling tertua di dunia ini yang dapat digali.

 

Diungkap Business Recorder, Jumat (22/1), penemuan Masjid Al-Juma (atau Masjid Jumat) terletak di South Tiberias, di kaki Gunung Berenice. Sebelum Cytryn-Silverman melakukan penggalian di sana 11 tahun yang lalu, para peneliti percaya bahwa struktur di tengah  situs tersebut adalah pasar dari kerangka waktu Bizantium.

 

Mereka mengungkap bahwa situs tersebut adalah masjid dari abad kedelapan pada periode awal Islam. Penemuan akhir-akhir ini telah menunjukkan bahwa di bawah desain tersebut terdapat masjid yang lebih tua, yang berasal dari abad ketujuh.

Cytryn-Silverman memperhatikan bahwa hanya ada sedikit kesempatan untuk menggali masjid-masjid kuno karena seringkali masjid-masjid yang lain kemudian merenovasinya. Oleh karena itu, penggalian apa pun dapat membahayakan seluruh konstruksi.

 

 

Sebelum bukti yang dapat dikenali dari masjid di Tiberias, masjid paling berpengalaman untuk digali adalah masjid di Wasit, Irak, yang dibangun pada tahun 703.

 

Tiberias sendiri merupakan kota yang sangat penting dalam sejarah Islam. Sejak keberhasilan Timur Tengah, kota tersebut berubah menjadi ibu kota Jund al-Urdunn, lokasi militer Yordania. Untuk sementara, menjelang dimulainya periode waktu Islam, kota berubah menjadi pusat politik dan ekonimi.

(sumber : ihram.co.id/artikel asli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *