Masya Allah, Fenomena Langka Bulan Purnama Berada Diatas Ka’bah dan Cara Arah Kiblat.

Spread the love

JAKARTA – Fenomena langit langka yang tidak biasa akan terjadi pada Kamis (28/1/2021) pukul 12:43 waktu Makkah, Arab Saudi, atau Jumat (29/1/2021) WIB. Pada jam ini, masyarakat Mekah akan melihat dengan mata telanjang bulan purnama muncul secara vertikal di atas Ka’bah di Masjid Agung.

 

Bulan purnama di atas Ka’bah ini sangat jarang terjadi. Kesempatan berikutny akan terjadi pada tahun 2038. Selama bulan pertama ini, umat Islam dapat memeriksa arah kiblat sekali lagi.

 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan sistem pengecekan ulang arah kiblat yang semestinya dapat dilakukan pada pukul 04.43 WIB atau 05.43 WITA. Berikut cara mengecek arah kiblat kembali saat bulan purnama tepat di atas Ka’bah:

 

Untuk wilayah Indonesia bagian timur, cara tersebut tidak dapat diambil, karena bulan pada saat itu terbenam saat keajaiban terjadi.

 

Majed Abu Zahira, pemimpin Hubungan Galaksi Jeddah, dalam pertemuan dengan Al Arabiya, Senin (25/1/2021), mengatakan bulan purnama akan sejajar dengan Ka’bah pada pukul 12.43.34 setelah pukul 12 siang waktu Arab Saudi di ketinggian 89, 57,46 derajat dan piringannya itu benar-benar diterangi 99,9 persen jauhnya dari 381,125 km dari Bumi.

 

Fenomena langit dapat dimanfaatkan untuk menemukan arah Kiblat (menuju ke Ka’bah) dalam rute langsung dari beberapa tempat di dunia, karena Muslim yang berada di wilayah geografis yang jauh dari Masjidil Haram dapat bergantung pada arah bulan menyoroti Makkah.

 

“Dengan cara yang sebanding dengan keakuratan aplikasi ponsel pintar,” jelasnya.

(sumber : nasional.sindonews.com/artikel asli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *